Selasa, 30 November 2010

antologi NU sejarah istilah amaliah uswah

Dalam perjuangan sejarahnya, NU selalu memberikan kontribusi yang besar kepada negara dan agama. Menjelang berdirinya pada tahun 1926 para ulama NU membentuk komite hijaz , yang hasilnya benar-benar mewarnai dunia islam. Menjelang terjadinya perang besar-besaran di Surabaya yang dikenal dengan perang 10 nopember 1945, 18 hari sebelumnya NU mendeklarasikan Resolusi jihad, untuk membakar semangat perlawanan. Pasca peristiwa G 30 S/ PKI 1965 , NU adalah organisasi yang pertama kali menuntut pembubaran PKI. Setelah itu, di saat pemerintah dinilai lamban bersikap , Fraksi NU mengeluarkan Resolusi Nuddin lubis (1966). Pada tahun 1967 , di saat MPRS dijabat oleh jenderal AH Nasution, Fraksi NU kembali menggulirkan gebrakan besar. Di tengah sidang umum MPRS , muncullah resolusi Jamaludin Malik yang tidak banyak di tulis dalam sejarah.
Tidak saja di medan perjuangan fisik dan politik NU berperan, namun juga tidak kalah penting di medan tegaknya Islam yang rahmatan lil alamin, dengan cara melestarikan , mengembangkan dan mengamalkan ajaran islam Ahlussunnah Waljamaah, sehinggga di bidang budaya dan amaliah pun NU toleran, bahkan melestarikan, sepanjang tidak bertentangan dengan syariat Islam
Peran-peran penting diatas tidak lepas dari kreativitas besar para tokohnya sebagai pengendali NU sekaligus sebagai uswah bagi umatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar